hihihi.. ga tau darimana.. neh tutorial berasal dari adik aa yang baru kelas 6 SD.. tuh anak klo pelajarannya mah biasa-biasa ajah.. tapi klo soal seni dan intrik-intrik kayak gini..dia jagonya!! lho..qo jadi ngomongin dia?? kapan triknya??
begini neh..
kamu harus menyiapkan ATK (alat tulis kantor/kelas) :
Pulpen (jangan pensil yaa..takut patah..hihihi)
Selembar kertas (satu buku juga boleh..hihihi)
lalu..kamu meminta satu orang tuk jadi partner dalam permainan kamu.. pilih yang cakep klo dapet..kali aja ntar jadian..hihihihi..
nah..setelah itu.. baru deh kamu ngomong-ngomong dikit tentang matematika.. pokoknya agak disusah2in gitu..tapi jangan ampe bikin bosan, atau kelamaan.. hihihihi
lalu..inilah pertanyaannya..
coba susun 3 angka dari angka 1-9.. akan tetapi urutannya harus dari besar ke kecil (9 8 7 6 5 4 3 2 1) lalu..dari susunannya, tidak boleh ada angka yang sama.. sudah tersusun?? nah..sekarang.. turun satu baris dari baris tadi..lalu tulis susunan sebaliknya.. misalnya anda menulis 531, maka baris keduanya akan menjadi 135
5 3 1 1 3 5
nah..sekarang anda harus mengurangi bilangan tersebut,,yang atas dikurangi yang bawah tentunya.. ups..hasilnya..biar saya yang menebak,, akan tetapi saia harus meminta anda untuk menyebutkan angka pertama dari hasil pengurangan tersebut...
misalnya si partner tadi menyebutkan angka 3.. maka dengan santainya aa akan menjawab..pasti hasilnya 396!! dan ternyata orang itu berkata, 'Anda benar!!'
5 3 1
1 3 5
____ -
3 9 6
mau tau bagaimana?? perhatikan digit pertama dari hasil pengurangan tersebut.. lalu..perhatikan digit terakhir dari hasil pengurangan tersebut.. Nah..dapet kan benang merah untuk digit ke-duanya?? caranya :
untuk mendapatkan digit ketiga, hanya tinggal mengurangi 9 dengan digit pertama yang disebutkan oleh partner tadi. adapun digit kedua..sudah dipastikan 9!!
coba deh.. dengan angka berapa ajah..
hihihi.. terima kasih kepada adikku tercinta Rizal Ghifari, bocah kelas 6 SD!!